Welcome To my Blog!!Have a Nice day \(^o^)/

Rabu, 23 November 2011

Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi  dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan
OS
Sistem Operasi Komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Sistem Operasi Komputer Windows
Microsoft Windows atau yang lebih kita kenal dengan Windows adalah keluarga sistem Operasi yg di kembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik atau graphical user interface. Sistem Operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS sebuah sistem operasi yg berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama adalah Windows Graphic Enviroment 1.0 yg pertama kali di perkenalkan pada kisaran tahun 1983 yg baru di paparkan pada tahun 1985 yg di buat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

Windows 1.0 adalah merupakan perangkat lunak 16bit tetapi bukan merupakan sistem operasi. Windows 1.0 berjalan di atas MS-DOS sehingga sistem operasi ini tidak dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Kemudian sejak versi 4.0 dan Windows NT 3.1 tidak lagi tergantung pada sistem operasi MS-DOS.

Sistem Operasi Windows adalah sitem operasi yg di kembangkan oleh Microsoft yg terletak di Amerika dan di pimpin oleh Bill Gates. Sistem operasi Windows ini sudah banyak mengalami perubahan dan perbaikan. Di awal tahun 1990 - 1994 terkenal dengan sistem operasi Windows 3.0 dan Windows 3.1 di kenal dengan generasi Windows 3.x kemudian mengalami perubahan demi perubahan menjadi Windows 95 setelah itu Windows 98 atau Windows generasi 9.x dan berubah lagi menjadi Windows 2000 dan Windows ME atau Windows Millenium Edition lalu Windows Windows Xp lalu Windows Vista lalu Windows 7. Windows Xp dan Windows 7 adalah Sistem operasi Windows yg sangat banyak di gunakan. Tapi Admin sendiri masih suka memakai Windows Xp hehe.

Windows ME ini merupakan seri up grade peningkatan kualitas dari windows 98. Di Windows ME ini sudah di masukan sofware untuk mempermainkan musik digital atau video. dan pengaturan untuk jaringan di rumah dan kemudahan kemudahan dalam memperbaiki dari kemungkinan adanya kerusakan sistem. Ada juga Windows NT yaitu sistem operasi yg di khususkan untuk jaringan lokal. Di Windows Xp ini pihak Microsoft telah memperkenalan dan meluncurkan produk MS Windows dan Office yg terbaru. Untuk Komputer pribadi Windows Xp memberikan fasilitas video dan audio secara langsung. Dan pada tahun 2007 di luncurkan Windows Vista. Di Windows Vista dan Microsoft 2007 telah mengalami update yg luar biasa pada sisi grafis desainnya.

Namun Windows Vista tidak sepopuler Windows Xp... banyak pengguna lebih suka dengan Windows Xp seperti admin ini. Karena ringan... familiar dan mudah di gunakan berbeda dengan Windows Vista. Namun di Windows Vista mempunyai fitur fitur menarik seperti

Parental Control fitur yg mampu mengatur aktivitas berselancar bagi anggota keluarga

Windows Defender yang mampu melindungi pengguna dari spyware dan website yg mencurigakan dari aktivitas pencurian informasi.

Document Inspector yang mampu membersihkan informasi pesonal.. komentar.. dan teks tersembunyi pada sebuah dokumen.

Exchange Server 2007 yang memungkinkan pengguna selalu terkoneksi dengan keluarga atau rekan kerja dengan menggunakan email outlook yg dapat di akses melalui telefon atau yg di kenal dengan Outlook Voice Access.

Sekarang Microsoft juga sudah mengeluarkan Windows 7 yang lebih bagus tetapi masih banyak pengguna yg masih menggunakan Windows Xp.
Sebenarnya masih banyak lagi sistem operasi komputer seperti Linux,Unix,IBM OS/2,MAC OS(Macintosh Operating system) dan banyak lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar